Kunci Sukses Utama Bagi AirAsia Adalah Sebuah Kepercayaan
Dalam acara Konferensi Tingkat Tinggi
Komite Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2015 SME Summit di Green
Sun Hotel, Manila, Filipina, Senin (16/11/2015), Chief Executive
Officer AirAsia Group Tony Fernandes mengungkapkan rahasia kesuksesan
AirAsia yang semula hanya memiliki dua pesawat, tapi kini menjadi
perusahaan penerbangan berbiaya rendah terbesar di Asia Tenggara dengan
200 pesawat.
Fernandes menuturkan, untuk mencapai
kesuksesan tidaklah mudah. Dalam membangun AirAsia, dia memulai dari
sebuah mimpi, kemudian menjalan bisnis dengan membeli dua pesawat Boeing
737-300, 200 pekerja, hanya memiliki rute penerbangan domestik, dan
melakukan investasi senilai 40 juta ringgit Malaysia. “Soal Small Medium Enterprises/SME
(UKM), kalian bisa lakukan apapun. Bisnis adalah bisnis. Seperti
AirAsia, memulai dengan sebuah mimpi. Kita tidak punya banyak uang,”
katanya.
Melalui kerja keras Tony Fernandes
bersama dengan timnya, bisnis AirAsia terus mengalami pertumbuhan yang
pesat. Bahkan kini AirAsia memiliki 200 pesawat dengan 200 rute
penerbangan, 19 hub, 100 destinasi, dan melayani 21 negara. Sejak
didirikan, AirAsia juga meraih sukses dengan melayani 300 juta
penumpang. “Kami juga sudah mencapai 300 juta penumpang. Selama 14
tahun, bisnis kami terus bertumbuh,” terang dia.
Menurut Fernandes, kunci sukses utama bagi AirAsia adalah sebuah kepercayaan. Yang dimaksud dengan kepercayaan adalah branding, karena brand menjadi modal yang sangat penting dalam membangun sebuah bisnis. “AirAsia ontime (tepat waktu). Paling penting, branding, itu adalah aset terbesar. Kita juga lakukan partnership dengan baik. Juga harus cermat. Kita pakai Airbus, non Boeing, karena lebih murah,” kata Tony.
sumber : indo-aviation.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar