Maskapai Garuda Indonesia Terapkan Layanan Berbasis Komputasi Awan
Dalam meningkatkan pelayanan, khususnya percepatan dan kemudahan layanan kepada para pengguna penerbangan, Maskapai Garuda Indonesia mengikuti perkembangan teknologi dengan menerapkan layanan berbasis komputasi awan (cloud computing) yang berguna bagi pengelolaan perusahaan.
Direktur Teknik dan Teknologi Informasi Garuda Indonesia Iwan Joeniarto menjelaskan cloud computing atau komputasi awan merupakan gabungan pemanfaatan teknologi komputer dalam suatu jaringan dengan pengembangan berbasis Internet yang mempunyai fungsi untuk menjalankan program atau aplikasi melalui komputer-komputer yang terkoneksi pada waktu yang sama. “Penggunaan cloud computing akan memberikan benefit bagi Maskapai Garuda Indonesia khususnya meningkatkan kapasitas penyimpanan data perusahaan tanpa harus mengeluarkan tambahan biaya untuk investasi pembelian peralatan tambahan,” paparnya.
Iwan menuturkan, data yang berada di cloud storage bisa diakses kapan pun secara real time oleh karyawan ketika terhubung dengan internet. Keamanan data yang berada di cloud storage juga lebih terjamin, khususnya jika terjadi bencana alam. “Nanti dilaksanakan dalam pemenuhan kebutuhan operasional di lingkungan kerja Perusahaan, baik di kantor pusat maupun di lebih dari 76 kantor cabang di dalam dan luar negeri,” ujarnya.
Menurut Iwan, pengembangan ini akan bermanfaat untuk penghematan waktu, sehingga memberikan efektivitas kerja yang lebih baik bagi karyawan. Khusus untuk 3.500 awak pesawat Garuda Indonesia, mereka bisa mengakses data-data penting untuk pekerjaan mereka secara mobile di seluruh wilayah di dunia. “Layanan ini dipakai untuk Passenger Service System (PSS) khususnya reservasi, check-in, GarudaMiles (frequent flyer), keuangan, dan layanan penjadwalan dan rotasi seluruh pesawat dan awak pesawat Garuda Indonesia,” ucap Iwan.
Selain itu, Garuda Indonesia saat ini juga telah memiliki berbagai layanan transaksional digital berbasis e-commerce bagi pengguna jasa, yang terdiri dari Garuda Online Sales (GOS), Online sales Partnership (OSP) bersama online travel agency, corporate online system (COS) berbasis business to business (B2B), hingga mobile apps untuk layanan reservasi dan pembukuan.
sumber : indo-aviation.com
Tiket Kapal Karimunjawa
BalasHapusPaket Honeymoon Karimunjawa
BalasHapus